KASIH SAYANG

KASIH SAYANG

20100925

Misteri Bola Api, tarik pelancong ke Banting, Selangor


Beberapa laporan sebelum ini menyatakan kelihatan bola api berterbangan berhampiran sungai di sekitar Banting, Morib dan Tanjung Sepat. Kejadian bola api terbang ke udara ini memang benar berlaku di Sungai Mekong setiap tahun pada bulan Oktober. Menurut kajian sains kejadian bola-bola api dari sungai terbang ke udara ada kaitan dengan kandungan sungai yang mengandungi gas methane serta tarikan graviti bulan yang kuat pada ketika itu.

Mungkin kejadian bola-bola api yang terdapat di sungai sekitar Banting boleh dijadikan daya tarikan pelancongan yang baru, sebagai saksi kejadian alam semulajadi ciptaan Allah yang Maha Esa.

**************
Bola Api Misterius

Setiap tahun, penduduk Thailand berkumpul di sepanjang sungai Mekong di propinsi Nong Khai untuk menyaksikan sebuah fenomena misterius berupa naiknya bola-bola cahaya misterius dari permukaan sungai. Para penduduk lokal menyebutnya Bung fai paya nak atau bola-bola api naga.

Pada malam, tanggal 4 Oktober 2009 kemarin, para penduduk dan turis berdiri berjejer di pinggir sungai Mekong di propinsi Nong Khai. Mereka sedang menunggu fenomena yang disebut bola api naga.

Tidak berapa lama kemudian, dari permukaan sungai, puluhan bola-bola cahaya berwarna merah jambu menyembur dengan indah seperti sebuah orkestra yang dipimpin oleh seorang konduktor. Semua mulai bersorak kegirangan dan bertepuk tangan dengan keras.

Kementerian sains Thailand punya pendapat yang sedikit berbeda. Namun mereka setuju bahwa fenomena ini disebabkan oleh gas alam. Menurut mereka, fenomena ini muncul akibat pembakaran gas Phosphine.

Menurut kementerian sains Thailand, jawabannya adalah karena akumulasi gas di dasar sungai mencapai puncak pada bulan Oktober. Karena sudah mencapai puncak, maka gas yang telah terkumpul akan menyembur ke atas membentuk bola-bola cahaya yang misterius itu.

http://nukay81.blogspot.com/2010/08/bola-api-misterius.html

King of Naga fireballs from the Mekhong river

The northeastern province of Nong Khai in Thailand is gearing up to yet again host for the special festivities and prepare extra home-stay accommodation for the crowds of visitors during the yearly Naga fireball phenomenon of next month.

The appearance of the fireballs from the King of Naga Serpent is the simultaneous interplay of several natural forces, including a presence of condition that is favorable for the formation of Methane-Nitrogen gas with more than 19% of purity. Also the presence of aerobic and anaerobic bacteria co-existing in the Mekhong river habitat at depths of 4.55 to 13.40 meters, where organic deposits are formed on a bed of clay or sand with a surrounding temperature that is higher than 26 degrees Celsius and a PH value of the river water in-between 6.4 to 7.8 degrees.

http://www.thaipro.com/thailand_00/148_naga_fireballs.htm

0CERITA API TERBANG DI SUNGAI KANCHONG LAUT MULAI HEBOH!!

MALAM tadi saya sempat meninjau-ninjau sekitar Banting, Morib dan Tanjung Sepat. Nampaknya bukan saya seorang sahaja berminat untuk mendengar cerita tentang api terbang yang kedengaran sejak tiga hari lalu. Beberapa orang yang saya temui juga ada menganggukkan kepala.

Berbalik kepada certa api terbang di tepi-tepi sungai, memang pelbagai versi didengar. Ada mengatakan kejadian itu bukan berlaku sekarang, tetapi sejak beberapa tahun lalu dan ada cerita pula terdengar mengatakan seorang pekerja kilang kelapa sawit yang pulang waktu malam menunggang motosikal, terjatuh kerana mendakwa terkejut nampak segumpal api terbang tidak tinggi dari kepalanya melintasi jalan.

http://singalautmetro.blogspot.com/2010/09/cerita-api-terbang-di-sungai-kanchong.html

Mainan balon api udara

Pada tahun 2000 sekitar bulan April, di kota Tegal di malam hari, banyak terlihat titik2 api kecil yang melayang-layang dilangit. Tadinya saya pikir kembang api model apa lagi ini?

Ternyata ini bukan kembang api. Ini mengambil ide dari "balon udara", yaitu sebuah kantong plastik tipis dengan diameter kira-kira 40 cm dan panjang 80 cm yang dibawahnya diberi rangka kawat tipis melingkari sisi bawah kantong plastik, ditengahnya melintang juga kawat mengikuti diameternya dan ditengahnya di kaitkan sedikit gumpalan kapas. Kapas ini nantinya di basahi dengan minyak goreng dan kemudian dibakar dan beberapa saat kemudian kantong plastiknya akan mengelembung dan mulai terangkat keatas. Ada banyak yang menjualnya di kaki lima dengan harga Rp.500,-/buah.

Permainan kreatip ini sudah memakan korban beberapa rumah yang terbakar. Seorang kawan saya yang bernasib mujur bercerita bahwa rumahnya nyaris kebakaran gara-gara permainan ini. Sebuah balon udara yang gagal mencapai langit bebas, tersangkut di atap rumahnya, dan membakar kantong plastik itu sendiri. Kantong plastik yang terbakar membuat api menjadi makin besar dan meleleh dari atap menetes pada kayu2 rangka atap sehingga terbakar. Beruntung bahwa ybs. segera tahu dan berhasil memadamkannya, meskipun ibunya sempat histeris karena ketakutan.

http://www.betaufo.org/ifo/mainan_balon.html

Tiada ulasan: